Re: [psikologi_transformatif] Re: TUHAN ITU TIDAK ADA
He.he.he.
Salah satu permasalahan utamanya justru dalam hal tersebut. Itu salah satu yang memprihatinkan.
Konon katanya, sejumlah permasalahan akan diatur lebih lanjut melalui PP.
Kalau memang ada yang concern, mungkin lebih baik energinya dipergunakan untuk menyusun masukan bagi PP tersebut.
Biar bagaimanapun, walau banyak yang "tercederai", UUP tersebut telah ditetapkan secara legal. :-(
Jadi ada materi seksualitas yang diasumsikan tidak "dapat membangkitkan hasrat
seksual"? Siapa penentunya? Polisi, hakim, jaksa, ulama, FPI? Bagaimana
pembuktiannya di pengadilan?
Jaipong masuk yang mana? Ronggeng? Inul?
Quoting suka komen <sukakomen@gmail.com >:
> Walaupun mirip, tetapi ada beda antara yang dilarang dan dikecualikan.
>
> Pasal 1 butir 1 berisi
>
> 1.Pornografi adalah *materi seksualitas* yang dibuat oleh manusia dalam
> > bentuk gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, bunyi, gambar
> > bergerak, animasi, kartun, syair, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk
> pesan
> > komunikasi lain melalui berbagai bentuk media komunikasi dan/atau
> > pertunjukan di muka umum, *yang dapat membangkitkan hasrat seksual
> > dan/atau melanggar nilai-nilai kesusilaan* dalam masyarakat.
> >
>
> Pasal 14 berisi: *
> *
> >
> > Pembuatan, penyebarluasan, dan penggunaan *materi seksualitas* dapat
> > dilakukan untuk kepentingan dan *memiliki nilai*:
> > a.seni dan budaya;
> > b.adat istiadat; dan
> > c.ritual tradisional.
> >
>
> Dari dua pasal tersebut di atas, secara konseptual dapat diartikan bahwa
> materi seksualitas dapat berupa pornografi dapat juga tidak. Kalau
> diibaratkan himpunan, maka keduanya secara konseptual adalah himpunan yang
> saling terlepas (himpunan P - materi seksualitas pornografi *terlepas* dari
> himpunan NP - materi seksualitas non pornografi).
>
> Sayangnya rumusan pada pasal 14 agak rancu dan multi intrepretable, kalau
> dikatakan bahwa materi seksualitas yang dimaksud pada pasal 14 adalah
> himpunan P14, maka himpunan P14 belum tentu sepenuhnya identik dengan NP,
> himpunan P14 juga dapat bersinggungan dengan himpunan P). Gambar-gambar
> posisi seksual kamasutra dapat dipersepsikan sebagai materi pendidikan
> seksual, dapat juga dipersepsikan sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan
> hasrat seksual.
>
> Terlepas dari berbagai kontroversi, kelemahan dan kekurangannya, pelaksanaan
> *UU ini dapat dijadikan cermin untuk melihat siapa saja yang punya "pikiran
> kotor" dan mudah terbangkit hasrat seksualnya*. Siapa yang paling rajin
> memakai UU ini, kemungkinan besar adalah mereka yang mudah terbangkit hasrat
> seksualnya, sehingga secara tidak sadar mengungkapkannya di depan umum ;-)
>
>
>
> 2008/11/1 <pradita@telus.net >
>
> > Lho? Memenuhi syarat untuk masuk kategori "pornografi" tapi
> > dikecualikan?
> > Gimana toh? Jadi, pertama, seni-seni daerah itu dicap "porno" duluan, dan
> > langkah kedua, baru dikasih kekecualian, gitu? Hukum apaan nih?
> >
> >> > Quoting suka komen <sukakomen@gmail.> > > 2008/10/30 IGusti Agung <agungpindha@com <sukakomen%40gmail.com>>:
> >
> > > Wuaahhh segitu marahnya ya Penua penua Bali itu?
> > >
> > > Setahu saya, dalam UUP ada pasal pengecualian.
> > > Pasal pengecualian itulah yang dapat dijadikan
> > > dasar pembentukan PERDA yang khas Bali,
> > > yang dapat berbeda dengan pemberlakuan di
> > > daerah lain pada umumnya di skala nasional.
> > >
> > >yahoo.com <agungpindha%40yahoo.com>
> > >
> > >
> > > >
> > > > Wah.. kalau masalah itu saya kurang pasti Mas,
> > > > Saya pikir Perda nggak ada kekuatan kalau menentang UU negara.
> > > > Perda hanya untuk peraturan daerah yang belum diatur oleh UU lain.
> > > > Jadi kayaknya Pak Mangku dan wagub ( kemenakan saya) , sekarang ini
> > > > sedang membincangkan jalan pembangkangan yang akan kami ( di Bali)
> > > > jalani , kalau masih juga tidak effective , ya.... pemisahan Bali
> > > > dari NKRI adalah jalan satu satunya.
> > > > Itu menurut Penua penua Bali yang sedang marah rah..rah..
> > > > salam.
> > > >
> > > >
> > > > --- In
> > >
> psikologi_transformatif@yahoogroups <psikologi_transform.com atif%
40yahoogroups.com >
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com >,
> > > > "suka komen"
> > > > <sukakomen@...> wrote:
> > > > >
> > > > > hehehe
> > > > >
> > > > > sambil minum kopi, terasa nikmat ;-)
> > > > >
> > > > > Pak Mangku katanya akan mengajukan "peninjauan kembali" ya?.
> > > > >
> > > > > Kalau hanya untuk keperluan Bali saja, sebenarnya bisa dibuatkan
> > > > PERDA yang
> > > > > sesuai dengan nilai-nilai disana saja bukan? ;-)
> > > > >
> > > > >
> > > > > 2008/10/30 IGusti Agung <agungpindha@...>
> > > > >
> > > > > >
> > > > > > Betuullll sekali SK,
> > > > > > waste of time , betul betul ... iseng aja , buang buang waktu,
> > > > > > ngomong ngomong tempat sampah untuk buang waktu dimana ya?
> > > > > > God is a joke ,nothing serious..
> > > > > > salam kik..kik...kik...
> > > > > >
> > > > > > --- In
> > > >
> > >
> psikologi_transformatif@yahoogroups <psikologi_transform.com atif%
40yahoogroups.com >
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com >
> > > > <psikologi_transformatif%
> > > > 40yahoogroups.com >,
> > > >
> > > > > > "suka komen"
> > > > > > <sukakomen@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Agung:
> > > > > > >
> > > > > > > > Singkatnya , memikirkan dan mengconceptkan Tuhan yang tak
> > > > > > terpikir
> > > > > > > > dan tak terconceptkan itu equal waste of time.
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > SK:
> > > > > > > Lah .... bukannya isi email anda ini juga menguraikan pemikiran
> > > > > > dan konsep
> > > > > > > tentang Tuhan? :-)
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > 2008/10/30 IGusti Agung <agungpindha@>
> > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > Mas mas, Uda uda , Bli bli sekalian yang disayangi alam,
> > > > > > > >
> > > > > > > > Menurut saya , apa yang dikatakan Kang Mas Voltaire paling
> > > > cocok
> > > > > > > > sementara ini , " bila Tuhan menciptakan manusia dengan
> > > > > > imaginasinya,
> > > > > > > > maka manusia juga menciptakan Tuhan dengan imaginasinya"
> > > > > > > > Bolak balik jaje gipang , same same , sama sama , satu lusin
> > > > > > disini,
> > > > > > > > dua belas disana , jumlah sama , nama lain.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Dalam sebuah buku suci ( buku yang disucikan ) ada disebut
> > > > sifat
> > > > > > > > Tuhan ( Paramatman ) sama dengan sifat roh ( atman ):
> > > > > > > > Achodya = tak terlukai oleh senjata ( termasuk bazooka dan
> > > > > > nuclear )
> > > > > > > > Adahya = tak terbakar oleh api
> > > > > > > > Akledya = tak terkeringkan oleh angin ( termasuk angin
> > > > mamiri )
> > > > > > > > Acesyah = tak terbasahkan oleh air ( kalau bensin terlalu
> > > > mahal)
> > > > > > > > Nitya = abadi ( pokoknya kekal deh...)
> > > > > > > > Sarwagatah = ada dimana mana ( jangan cari jauh jauh ya..)
> > > > > > > > Sthanu = tak berpindah pindah ( P O Box dan alamat tetap)
> > > > > > > > Acala = tak bergerak ( diem....aja )
> > > > > > > > Sanatana = selalu sama ( tidak perlu plastic surgery)
> > > > > > > > Awyakta = tidak dilahirkan ( tidak punya surat akte
> > > > kelahiran)
> > > > > > > > Acintya = tak terpikirkan ( PENTING... ingat yang ini ya..?)
> > > > > > > > Awikara = tak berjenis kelamin( hermaphrodit , bisex ,
> > > > shemale)
> > > > > > > >
> > > > > > > > Jadi , dengan demikian , Tuhan sang Khalik dan Tuhan Sang
> > > > Kancil
> > > > > > itu
> > > > > > > > sama saja .
> > > > > > > > Tuhan adalah tukang cukur itu sendiri , juga si client yang
> > > > > > dicukur,
> > > > > > > > Tuhan juga gunting itu dan sisirnya , juga rambut yang
> > > > dipotong,
> > > > > > > > terpotong dan rambut yang tidak dipotong.Can you follow me?
> > > > > > > > Singkatnya , memikirkan dan mengconceptkan Tuhan yang tak
> > > > > > terpikir
> > > > > > > > dan tak terconceptkan itu equal waste of time.
> > > > > > > > So , let me give you a piece of advise , LEAVE GOD ALONE....
> > > > > > > > Btw , atas nama orang Bali , saya turut berduka cita atas
> > > > > > disahkannya
> > > > > > > > UUP ,ucapan belasungkawa kami ucapkan dengan wafatnya
> > > > demokrasi
> > > > > > dan
> > > > > > > > Basic human rights di Indonesia , semoga arwahnya diterima
> > > > disisi
> > > > > > > > Tuhan sang Khalik dan sang Kancil.....amien
> > > > > > > >
> > > > > > > > salam , agung yang bingum.
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In
> > > > > >
> > >
> psikologi_transformatif@yahoogroups <psikologi_transform.com atif%
40yahoogroups.com >
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com >
> > > > <psikologi_transformatif%
> > > > 40yahoogroups.com >
> > > > > > <psikologi_transformatif%
> > > > > > 40yahoogroups.com >,
> > > > > >
> > > > > > > > Howl <scimindd@>
> > > > > > > > wrote:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 2008/10/30 suka komen <sukakomen@>:
> > > > > > > >
> > > > > > > > > > Howl:
> > > > > > > > > >>
> > > > > > > > > >> Apa itu "Tuhan Sang Khalik"? Apakah Tuhan dari agama
> > > > > > tertentu?
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > SK:
> > > > > > > > > > Tuhan Sang Khalik adalah kata lain dari Tuhan yang
> > > > dianggap
> > > > > > > > sebagai awal
> > > > > > > > > > dari sesuatu, akhir dari segala sesuatu. Bagi yang
> > > > > > > > mempercayainya, Dia
> > > > > > > > > > adalah yang menciptakan segala sesuatu. Pemahaman akan
> > > > Tuhan
> > > > > > > > Sang Khalik
> > > > > > > > > > berbeda dengan "tuhan" yang dikemukakan oleh orang yang
> > > > > > > > menganggap bahwa
> > > > > > > > > > Tuhan Sang Khalik sebetulnya tidak ada, Tuhan Sang Khalik
> > > > > > > > hanyalah konsep
> > > > > > > > > > ciptaan manusia belaka. Dalam kisah tersebut tukang cukur
> > > > > > > > mengatakan bahwa
> > > > > > > > > > Tuhan Sang Khalik (Tuhan) tidak ada. Pada orang-orang
> > > > dengan
> > > > > > > > pemahaman
> > > > > > > > > > seperti itu, kadang menggunakan juga kata tuhan, tetapi
> > > > > > dengan
> > > > > > > > > > pengertian/pemahaman yang berbeda.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Walaupun Tuhan Sang Khalik sering dikaitkan dengan agama
> > > > > > > > tertentu (Yahudi,
> > > > > > > > > > Kristen, Islam), Tuhan Sang Khalik tidak terbatas pada
> > > > agama-
> > > > > > > > agama tersebut
> > > > > > > > > > saja. Pada pemeluk Buddha, ada juga yang percaya adanya
> > > > Tuhan
> > > > > > > > Sang Khalik,
> > > > > > > > > > demikian juga dengan pemeluk agama Kong Huc, dan
> > > > sebagainya.
> > > > > > > > Setidaknya,
> > > > > > > > > > itulah yang ada di Indonesia. Karenanya, di sila pertama,
> > > > > > > > dikemukakan
> > > > > > > > > > Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai salah satu dasar negara.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Howl:
> > > > > > > > > >>
> > > > > > > > > >> Pertama-tama, saya menghormati dan tidak akan meremehkan
> > > > > > > > kepercayaan
> > > > > > > > > >> orang lain, apapun juga.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > SK:
> > > > > > > > > > Tidak ada yang diremehkan dalam hal ini.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Kata "meremehkan" barangkali memang kurang tepat.
> > > > Bagaimanapun
> > > > > > > > juga,
> > > > > > > > > saya menanggapi perkataan anda:
> > > > > > > > > "Daerah-daerah yang anda sebutkan (Afrika, Burma, Tibet)
> > > > cukup
> > > > > > > > besar
> > > > > > > > > kemungkinannya lebih percaya pada "tuhan" (di dalam diri,
> > > > di
> > > > > > alam,
> > > > > > > > di
> > > > > > > > > pohon, dsb), ketimbang pada Tuhan Sang Khalik."
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Diskusi bermula pada kisah
> > > > > > > > > > percakapan seseorang yang percaya adanya Tuhan (konsumen
> > > > yang
> > > > > > > > dicukur) dan
> > > > > > > > > > seseorang yang tidak percaya adanya Tuhan (tukang cukur).
> > > > > > Masing-
> > > > > > > > masing
> > > > > > > > > > mengemukakan argumennya berdasarkan kyakinannya tersebut.
> > > > > > > > Kemudian anda
> > > > > > > > > > mengemukakan soal kelaparan, dan saya menanggapinya. Saya
> > > > > > > > mempertanyakan
> > > > > > > > > > dasar tanggapan anda. dan mengemukakan argumen disertai
> > > > > > > > pernyataan bahwa hal
> > > > > > > > > > tersebut mungkin perlu dikaji/diteliti. Pernyataan anda
> > > > > > maupun
> > > > > > > > saya masih
> > > > > > > > > > perlu diuji/dibuktikan kebenarannya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Betul.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Agak terlalu perasa/sensitif kalau ada yang merasa
> > > > diremehkan
> > > > > > > > hanya
> > > > > > > > > > gara-gara itu.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Sudah dijawab di atas.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Andaikata ada kriteria obyektif, umbaran komentar tentang
> > > > > > > > > > ketidakbergunaan diskusi tentang ayat, tentang Tuhan yang
> > > > > > cuma
> > > > > > > > konsep doang,
> > > > > > > > > > dan hal-hal yang sejenis, kemungkinan besar kadar
> > > > > > peremehannya
> > > > > > > > lebih tinggi.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > "Memandang remeh" tidak sama dengan "tidak setuju".
> > > > > > > > > Kalau saya tidak setuju dengan Tuhan yang cuma konsep, itu
> > > > > > bukan
> > > > > > > > > meremehkan. Itu namanya .... tidak setuju.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Howl:
> > > > > > > > > >>
> > > > > > > > > >> Kedua, saya percaya bahwa jika betul Tuhan itu ada,
> > > > maka Ia
> > > > > > > > akan tetap
> > > > > > > > > >> mendengar doa umatNya, bahkan jika doa itu ditujukan
> > > > > > > > kepada "Tuhan
> > > > > > > > > >> yang keliru" sekalipun.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > SK:
> > > > > > > > > > Tuhan pasti mendengarkan umatNya. Tapi Tuhan punya
> > > > otoritas
> > > > > > > > untuk menentukan
> > > > > > > > > > apa yang akan dilakukanNYA. Manusia tidak bisa mengatur
> > > > > > Tuhan,
> > > > > > > > sekalipun
> > > > > > > > > > dengan doa-doa yang dipanjatkanNYA. Tuhanpunya otoritas
> > > > untuk
> > > > > > > > mengabulkan,
> > > > > > > > > > menunda atau bahkan menolak permintaan manusia.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Kembali kepada konteksnya.
> > > > > > > > > 1. Sang Tukang Cukur anda mengatakan:
> > > > > > > > > "Tapi apa yang terjadi... orang-orang TIDAK MAU DATANG
> > > > kepada-
> > > > > > NYA,
> > > > > > > > dan
> > > > > > > > > TIDAK MAU MENCARI-NYA dengan benar. Tidak mau meminta
> > > > > > > > perlindunganNya
> > > > > > > > > dengan jalan dan cara yang benar pula. Tidak mau pasrah
> > > > > > padaNya.
> > > > > > > > Oleh
> > > > > > > > > karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di
> > > > dunia
> > > > > > ini."
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 2. Saya jawab: di dunia ini banyak orang yang menderita,
> > > > yang
> > > > > > > > datang
> > > > > > > > > kepada Nya, mencari NYa, dan ... tetap menderita.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 3. Anda jawab: Tuhan mempunyai otoritas untuk mengabulkan,
> > > > > > menunda,
> > > > > > > > > atau menolak permintaan manusia.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 4. No (3) menurut saya kurang sesuai dengan No(1).
> > > > Pernyataan
> > > > > > No(1)
> > > > > > > > > dari si tukang cukur menyatakan bahwa banyak orang yang
> > > > > > menderita
> > > > > > > > > karena tidak mau meminta perlindunganNya dengan cara yang
> > > > > > benar. No
> > > > > > > > (3)
> > > > > > > > > mengatakan bahwa Tuhan mempunyai otoritas, yang artinya
> > > > bisa
> > > > > > saja
> > > > > > > > > tidak mengabulkan doa, meskipun doa itu sudah dilakukan
> > > > dengan
> > > > > > > > benar.
> > > > > > > > > Justu no(3) malah sebenarnya konsisten dengan No(2)!
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Howl:
> > > > > > > > > >>
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Ya, memang benar bahwa Tuhan mengasihi terlebih dahulu.
> > > > Tapi
> > > > > > > > tidak kepada
> > > > > > > > > > semua orang, hanya kepada orang yang dipilih dan berkenan
> > > > > > > > kepadaNYA. Itu
> > > > > > > > > > anugerah, otoritas dan kedaulatanNYA.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Saya tidak mengerti penjelasan anda.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Menurut anda Tuhan tidak mengasihi semua orang, tetapi
> > > > hanya
> > > > > > > > mengasihi
> > > > > > > > > orang yang dipilih dan berkenan kepadaNya (atas dasar
> > > > otoritas
> > > > > > dan
> > > > > > > > > kedaulatan). Lalu manusia yang manakah yang dipilih dan
> > > > > > berkenan
> > > > > > > > > kepadanya? Apakah yang mengikuti persyaratan tertentu
> > > > > > (umpamanya
> > > > > > > > > beribadah, beramal,dst)? Jika demikian, artinya Tuhan tidak
> > > > > > > > mengasihi
> > > > > > > > > terlebih dahulu, melainkan mengasihi SESUDAH seseorang
> > > > memenuhi
> > > > > > > > > persyaratan tertentu, sehingga dipilih dan berkenan
> > > > kepadaNYA.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Ataukah Tuhan memilih orang yang berkenan kepadanya atas
> > > > dasar
> > > > > > > > Takdir
> > > > > > > > > belaka? (Suka-suka beliau saja, kan beliau punya otoritas
> > > > dan
> > > > > > > > daulat
> > > > > > > > > mutlak?). Jadi kalau ada orang yang taat beribadah, tetapi
> > > > toh
> > > > > > > > > hidupnya tetap menderita, maka itu adalah ekspresi
> > > > > > kedaulatanNya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Mohon dijelaskan.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Trims
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > h
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home