[psikologi_transformatif] Re: MENGUAK MISTERI TRINITAS
bagaimana dengan relasi allah - rasul - firman allah (kitab) dalam Islam, apakah ia tak bisa dipandang sebagai trinitas?
* sebagai perbandingan yesus dalam alkitab disebut sebagai firman allah.
--- In psikologi_transform
>
> bagaimana dengan tulian Allah yang berbentuk trisula, seingatku juga ada spekulasi soal ini dalam tradisi sufi (atau syi'ah?)
>
> --- In psikologi_transform
> >
> > Saya punya dugaan -bisa benar bisa keliru- bahwa orang muslim menolak
> > konsep trinitas bukan karena persoalan "mungkin atau tidak mungkin"
> > (sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil), tetapi konsep ini ditolak
> > sebab Allah sendiri-lah yang menolak konsep trinitas ini.
> >
> > Kelihatannya Allah (muslim) menolak segala konsep yang menyimpang dari
> > "kemahaesaan"
> > ngotot bahwa Allah kristen adalah juga Allah Yang Maha Esa. Sedangkan
> > Allah (muslim) jelas-jelas menolak trinitas dengan alasan itu
> > bertentangan dengan kemahaesaan.
> >
> > Pendapat saya:
> > Jika perdebatannya adalah tentang persepsi manusia yang satu melawan
> > persepsi manusia yang lain, maka ... tidak harus dipandang terlalu
> > serius. Lha, wong, cuma persepsi manusia, kok.. Bisa terus berubah dan
> > terus menerus dikoreksi.
> >
> > Tapi kalau perdebatannya dipandang sebagai "persepsi manusia melawan
> > persepsi Tuhan", jadi lain soal.
> > Orang lantas merasa berada di pihak yang absolut benar, sebab "yang
> > saya sampaikan ini bukan pendapat saya pribadi, tetapi merupakan
> > SabdaTuhan sendiri".
> >
> >
> > howl
> >
> > 2009/3/13 suka komen <sukakomen@>
> > >
> > > Hahaha
> > >
> > > Mengapa saya katakan belief/kepercayaan juga dipengaruhi hal yang tidak
> > > logis? Karena saya menyadari bahwa logika saya terbatas dalam memahami
> > > Tuhan. Ada begitu banyak hal-hal yang tidak terjangkau oleh logika saya.
> > > Menurut saya, hal-hal yang tak terjangkau ini termasuk dalam kategori
> > > hal-hal yang tidak logis.
> > >
> > > Sejauh dapat dijangkau logika manusia (setidaknya bagi saya pribadi), maka
> > > keimanan memang harus diuji ketat dengan logika. Dengan berbagai
> > > keterbatasan yang ada, hal tersebut yang selama ini saya lakukan. Tapi saya
> > > sadar bahwa hasilnya memang kemungkinan besar akan berbeda dari satu orang
> > > ke orang lain. :-)
> > >
> > >
> > > 2009/3/13 pabrik_t <pabrik_t@>
> > >>
> > >> jika demikian itu tergantung konsepsi keimanannya. bagi ayaz misalnya,
> > >> yang menganut iman islam, iman harus logis, orang harus paham benar akan
> > >> iman dan apa yang diimaninya. dan itu menuntut konsekuensi2 bahwa jika iman
> > >> yang dipegangnya terlihat salah ia harus meninggalkannya, karena ia tak
> > >> boleh beriman secara taklid dan atau beriman pada sesuatu yang tak ia
> > >> ketahui atau pahami.
> > >>
> > >> nah ayaz, bayou, kau harus melihat iman trinitas dalam asumsi2 keimanan
> > >> yang bisa logis, juga bisa tidak. jika ayaz dan bayou tak mendekati dari
> > >> asumsi ini maka mereka tak akan pernah memahami konsep ini bukan?
> > >>
> > >> --- In psikologi_transform
> > >> wrote:
> > >> >
> > >> > Bagi saya, masalah trinitas adalah masalah iman, maka rumusannya masuk
> > >> > dalam
> > >> > rumusan pengakuan iman (kredo). Karena itu, dasarnya adalah kepercayaan
> > >> > (belief). Belief dapat terbentuk karena faktor logika, bisa juga tidak.
> > >> >
> > >> >
> > >> > 2009/3/13 pabrik_t <pabrik_t@>
> > >> >
> > >> > > dua hal itu sesungguhnya masuk dalam antrophomorfisme, dan sebab itu
> > >> > > ia
> > >> > > menimbulkan sesat pikir-sesat pikir.
> > >> > >
> > >> > > yang perlu di sadari di sini adalah kita sedang dan sepatutnya
> > >> > > membicarakan
> > >> > > trinitas dan monotheisme (pembedaan ini kurang tepat sesungguhnya,
> > >> > > tapi
> > >> > > hanya kupakai untuk memetakan saja perbincangan kita) sebagai konsepsi
> > >> > > mengenai tuhan, bukan berkenaan dengan tuhan itu sendiri.
> > >> > >
> > >> > > menurutku ketika berbicara trinitas misalnya kita harus berangkat dari
> > >> > > asumsi2 dasar trinitas, bukan dari sesuatu di luarnya, yang bahkan
> > >> > > dirasakan
> > >> > > sebagai sesuatu yang obyektif atau yang sebenar-benarnya. juga ketika
> > >> > > kita
> > >> > > bicara monotheisme.
> > >> > >
> > >> > > --- In
> > >> > > psikologi_transform
> > >> > > suka komen <sukakomen@> wrote:
> > >> > > >
> > >> > > > Hahaha
> > >> > > >
> > >> > > > Bagi saya, persoalan batu berat itu hanya menunjukkan / menimbulkan
> > >> > > insight
> > >> > > > bahwa betapa terbatasnya kita dalam memahami keagungan Sang Khalik.
> > >> > > > Agak
> > >> > > > mirip dengan persoalan "dimanakah Tuhan ketika IA belum mencipta".
> > >> > > > :-)
> > >> > > >
> > >> > > >
> > >> > > >
> > >> > > > 2009/3/13 pabrik_t <pabrik_t@>
> > >> > > >
> > >> > > > > untuk semua pihak, kalian musti berhati-hati agar tak terjebak
> > >> > > > > pada
> > >> > > > > "mungkin atau tak mungkinnya tuhan menciptakan batu yang ia
> > >> > > > > sendiri tak
> > >> > > > > dapat mengangkatnya.
> > >> > > > >
> > >> > > > >
> > >> > > > > --- In
> > >> > > > > psikologi_transform
> > >> > > <psikologi_transfor
> > >> > >
> > >> > > > > suka komen <sukakomen@> wrote:
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Howl:
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > > Membaca judul "Menguak Misteri Trinitas", saya agak merasa
> > >> > > > > > > janggal.
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Judul diberikan oleh inisiator topik ini (Bayyu).
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Howl:
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > > Pada thread yang lain sudah pernah dikatakan bahwa akal
> > >> > > > > > > manusia
> > >> > > tidak
> > >> > > > > > > mampu menjelaskan Tuhan (secara umum). Nah, "Trinitas" adalah
> > >> > > > > > > suatu
> > >> > > > > > > manifestasi Tuhan dari sudut pandang orang kristen, dus
> > >> > > > > > > mestinya
> > >> > > juga
> > >> > > > > > > tidak bisa dijelaskan oleh akal manusia, seperti halnya konsep
> > >> > > Tuhan
> > >> > > > > > > pada umumnya.
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Saya sependapat bahwa akal manusia tidak akan dapat menjangkau
> > >> > > > > > Tuhan
> > >> > > > > > seutuhnya (perkecualiannya mungkin adalah jika Tuhan sendiri
> > >> > > > > > yang
> > >> > > > > > berkehendak demikian). Walaupun demikian, bukan berarti manusia
> > >> > > > > > tidak
> > >> > > > > boleh
> > >> > > > > > dan tidak dapat berusaha untuk memahami Tuhan, Sang Khalik.
> > >> > > > > > Dalam
> > >> > > > > pemahaman
> > >> > > > > > saya, manusia dapat memahami sang Khali, tetapi pemahamannya
> > >> > > > > > tidak
> > >> > > utuh.
> > >> > > > > > Dapat berbeda dari satu generasi ke generasi lain, dari satu
> > >> > > > > > orang ke
> > >> > > > > orang
> > >> > > > > > yang lain. Bahkan pada orang yang sama, dapat berbeda dari satu
> > >> > > > > > waktu
> > >> > > ke
> > >> > > > > > waktu yang lain.
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Bagi saya, Trinitas adalah salah satu bentuk perwujudan dari
> > >> > > > > > upaya
> > >> > > > > manusia
> > >> > > > > > memahami Khaliknya. Apakah dengan Trinitas, Tuhan dapat dipahami
> > >> > > > > seutuhnya.
> > >> > > > > > Menurut saya, tidak. Sebagai contoh, saya pribadi percaya, kalau
> > >> > > Tuhan
> > >> > > > > yang
> > >> > > > > > saya sembah mampu "mewujud" lebih dari sekedar tiga komponen
> > >> > > > > > dalam
> > >> > > > > trinitas,
> > >> > > > > > dan itu mungkin tidak terjelaskan oleh konsep trinitas. Hanya
> > >> > > > > > saja,
> > >> > > salah
> > >> > > > > > satu konsep yang banyak dikenal dalam ajaran Kristen untuk
> > >> > > > > > memahami
> > >> > > > > > Khaliknya adalah trinitas. :-)
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Howl:
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > > Yang menjadi sasaran pertanyaan - dan ini bisa dimengerti -
> > >> > > > > > > adalah
> > >> > > > > > > bahwa "Trinitas" itu sendiri merupakan suatu bentuk keyakinan
> > >> > > > > > > yang
> > >> > > > > > > diciptakan manusia (melalui berbagai konsili dsb) *ataukah*
> > >> > > > > > > suatu
> > >> > > > > bentuk
> > >> > > > > > > keyakinan yang sudah ada sebelumnya, yang lalu berusaha
> > >> > > > > > > dirumuskan
> > >> > > > > > > oleh berbagai konsili itu?
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Hahaha
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Menurut saya, tergantung sudut pandang yang dipergunakan dan
> > >> > > > > > tolok
> > >> > > > > ukurnya.
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Kalau untuk saya pribadi, saya lebih condong yang kedua. Suatu
> > >> > > > > > bentuk
> > >> > > > > > keyakinan yang sudah ada sebelumnya (mulai jaman Yesus),
> > >> > > > > > mendapat
> > >> > > > > tentangan
> > >> > > > > > (Arius dll) dan kemudian dipertegas dengan rumusan yang
> > >> > > > > > dirumuskan
> > >> > > dalam
> > >> > > > > > berbagai konsili.
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Dari sisi yang lain, ada pendapat bahwa memang itu suatu
> > >> > > > > > keyakinan
> > >> > > yang
> > >> > > > > > diciptakan manusia melalui berbagai konsili. Seandainyapun
> > >> > > > > > pendapat
> > >> > > ini
> > >> > > > > yang
> > >> > > > > > benar, bagi saya tidak menjadi masalah. Dengan menyadari
> > >> > > > > > berbagai
> > >> > > > > > keterbatasan yang ada pada diri manusia, manusia seringkali pada
> > >> > > awalnya
> > >> > > > > > hanya dapat "meraba-raba" sesuatu yang tidak/kurang jelas.
> > >> > > > > > Dengan
> > >> > > > > berbagai
> > >> > > > > > perkembangan di kemudian hari, sesuatu yang tadinya tidak jelas
> > >> > > tersebut
> > >> > > > > > kemudian menjadi lebih jelas dan dipertegas.
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Dalam contoh konteks trinitas, bisa saja awalnya manusia belum
> > >> > > > > > dapat
> > >> > > > > > memahami trinitas, baru meraba-raba. Hal yang tadinya hanya bisa
> > >> > > > > diraba-raba
> > >> > > > > > dapat saja semakin hari semakin jelas dan lebih bisa dipahami,
> > >> > > > > > yang
> > >> > > > > kemudian
> > >> > > > > > akhirnya dipertegas melalui berbagai konsili tersebut.
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > Jadi, entah manapun yang sebenarnya terjadi, buat saya pribadi,
> > >> > > > > > itu
> > >> > > tidak
> > >> > > > > > menjadi masalah. Bagi saya, Tuhan Maha Kuasa. Jangankan
> > >> > > > > > "mewujud"
> > >> > > menjadi
> > >> > > > > 3,
> > >> > > > > > lebih dari itupun Tuhan Maha Esa yang saya sembah itu mampu. ;-)
> > >> > > > > >
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > 2009/3/13 Howl <scimindd@>
> > >> > > > > >
> > >> > > > > > > Membaca judul "Menguak Misteri Trinitas", saya agak merasa
> > >> > > > > > > janggal.
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > > > Pada thread yang lain sudah pernah dikatakan bahwa akal
> > >> > > > > > > manusia
> > >> > > tidak
> > >> > > > > > > mampu menjelaskan Tuhan (secara umum). Nah, "Trinitas" adalah
> > >> > > > > > > suatu
> > >> > > > > > > manifestasi Tuhan dari sudut pandang orang kristen, dus
> > >> > > > > > > mestinya
> > >> > > juga
> > >> > > > > > > tidak bisa dijelaskan oleh akal manusia, seperti halnya konsep
> > >> > > Tuhan
> > >> > > > > > > pada umumnya.
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > > > Yang menjadi sasaran pertanyaan - dan ini bisa dimengerti -
> > >> > > > > > > adalah
> > >> > > > > > > bahwa "Trinitas" itu sendiri merupakan suatu bentuk keyakinan
> > >> > > > > > > yang
> > >> > > > > > > diciptakan manusia (melalui berbagai konsili dsb) ataukah
> > >> > > > > > > suatu
> > >> > > bentuk
> > >> > > > > > > keyakinan yang sudah ada sebelumnya, yang lalu berusaha
> > >> > > > > > > dirumuskan
> > >> > > > > > > oleh berbagai konsili itu?
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > > > howl
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > > >
> > >> > > > > >
> > >> > > > >
> > >> > > > >
> > >> > > > >
> > >> > > >
> > >> > >
> > >> > >
> > >> > >
> > >> >
> > >>
> > >
> > >
> >
>

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home